Minggu, 22 Februari 2015

4 Waktu Yang Tidak Disarankan Untuk Tidur

Manusia menghabiskan sepertiga dari waktu hidupnya hanya untuk tidur. Tidur merupakan aktivitas yang memiliki pengaruh cukup tinggi bagi kehidupan kita. Dengan melakukan tidur serutin dan sesuai dengan jumlah jam yang disarankan dapat mempengaruhi kesehatan mulai dari stamina hingga kesegaran tubuh.
Idealnya setiap orang membutuhkan waktu sekitar 7 hingga 8 jam untuk bersitirahat, jika kurang dari jumlah waktu yang disarankan maka dapat mempengaruhi ketidak seimbangan pada tubuh.
Selain berdasarkan jamnya, waktu juga sangat mempengaruhi kualitas tidur seseorang. Waktu disini berkaitan keadaan apakah malam hari atau siang hari. Disamping kedua keadaan tersebut, banyak orang yang selalu tidur ketika waktu yang tidak tepat yang mengakibatkan buruknya kesehatan.

Disini ada beberapa waktu yang sangat tidak disarankan untuk tidur:

1. Setelah makan
Ketika perut kenyang, pastinya setiap orang mengalami rasa kantuk yang luar biasa, dimana ketika sudah begitu banyak orang yang memilih untuk memejamkan mata dengan keadaan perut yang masih kekenyangan. Tahukah kamu jika tidur setelah makan tidak baik untuk dijalani?
Meskipun menyenangkan tetapi tidur setelah makan dapat menjadi sumber penyakit yang dapat mengganggu kesehatan mulai dari peningkatan berat badan hingga terkena stroke.
Tidur setelah makan juga akan membuat rasa panas di dada, pasalnya sistem pencernaan akan bekerja keras, padahal tubuh tengah tidur untuk beristirahat. Langsung tidur setelah makan bisa memicu sakit maag, yang disebabkan oleh kelebihan asam pada lambung.

2. Tidur setelah shalat subuh
Ketika fajar menyingsing, umat muslim pastinya sering melakukan shalat subuh, ketika sudah selesai banyak orang yang selalu tertidur meskipun sebenarnya hal tersebut sangatlah tidak disarankan.
Tidur setelah shalat subuh akan membuat berbagai gangguan kesehatan mulai dari sakit kepala, sulitnya konsentrasi, kehilangan waktu yang produktif dan letih. Sebaiknya, jika masih ada waktu sebelum beraktivitas setelah shalat subuh, gunakan waktu untuk berolahraga atau sekedar joging ringan.



3. Tidur di sore hari
Tidur di sore hari memang menyenangkan, umumnya banyak orang yang menjalaninya dengan rentang waktu antara pukul 4 hingga pukul 6 sore. Namun dalam kajian psikologi, hal tersebut sebenarnya dapat mengganggu bioritme manusia normal, yang memicu perubahan negatif dalam hormon.
Ketika Anda terbangun setelah tidur sore, dapat membebankan stres tertentu pada tubuh yang mana dapat mempengaruhi keadaan kadar gula pada darah dan memungkinkan menimbulkan diabetes.

4. Tidur Sebelum Sholat Isya
Sebelum tertidur, pada malam hari sangat disarankan untuk terlebih dahulu menunaikan shalat isya meskipun rentang jam isya sangat panjang, namun agar kualitas tidur tetap seimbang pastikan Anda melakukannya dan jangan menundanya.
Bagi mereka yang tertidur sebelum shalat isya dapat mengalami gangguan tidur seperti terbangun di malam hari dan pada akhirnya bisa menjadikan insomnia. Insomnia sangatlah buruk karena mampu memperburuk kesehatan Anda.
Itulah beberapa waktu yang buruk untuk tidur yang perlu Anda ketahui. Pastikan Anda menjalani tidur dengan waktu yang sesuai agar kesehatan Anda tetap terjaga.


sumber referensi: http://americanpillo.com/ini-dia-4-waktu-yang-tidak-disarankan-untuk-tidur/

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...